Open Camp Ciangir, Rumah Harapan Pemasyarakatan

37
0
SHARE

 

betawipost co.id TANGERANG – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM siapkan Ciangir sebagai Permukiman Pemasyamkatan, Open Camp berbasis teknologi modern, kreativitas dan kemandirian

Disini, warga binaan siap kembali menjalani kehidupan bermasyarakat dengan lebih baik, memiliki kemampuan dan aktivitas ekonomi untuk hidup mandiri.

Mengusung konsep Pembinaan Kemandirian berbasis industri, di Ciangir warga binaan akan dibimbing menjadi SDM potensial sebagai bagian dari pelaku pembangunan nasional.

Open Camp ini juga diproyeksikan menjadi pusat industri narapidana untuk berkontribusi dalam kemajuan ekonomi nasional, penghasil produk hemat ekonomi penyokong.

“Pembangunan kubu terbuka Ciangir duharapkan bisa menjadi sesuatu yang terbentang bagi pembinaan kemandirian sebagai rumah harapan bagi narapidana, pemerintah, dan masyarakat,” kata Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Ma’mun Dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Pemukimam Pemasyarakatan Ciangir ‘, Rabu (10/10/2019).

Tahun 2006 menjadi awal mula digagasnya Ciangir menjadi rumah hum’an dan pembinaan bagi narapidana. Sempat harus dljadikan tempat pembuangan sampah, kawasan ini akhimya disepakati dan disetujui oleh Pernprov DKI Jakarta dan Banten menjadi Pemukiman Pcmasyarakatan.

Komplek permukiman Pemasyarakatan di kawasan ciangir ini nantinya akan terbagi menjadi beberapa daerah, antara Iain Area Gedung Gedung Open Camp, Area Umum Terbuka sebagai tempat sosialisasi pelaksanaan program pembinaan, serta Area Pembinaan skala industri.

Adapun warga yang akan ditempatkan di Open Camp Ciangir adalah kategori narapidana bedsiko rendah (low nsk), mereka yang telah dibangun tahap pembinasaan dan asesmen.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly menerangkan pembangunan permukiman Pemasyarakatan di Ciangir sebagai tujuan penting dari suatu pemidanaan modem. Mereformasi para pelanggar hukum leblh efektif dan pada hanya menjauhkan para pelanggar hukum dengan cara mencabut mereka.

“Open Camp Pemasyarakatan Indonesia memben’kan sebuah makna yang turut membantu masyarakat dengan mereduksi unsur-unsur kejahatan melalui pembangunan kapasitas pribadi para pelanggar hukum men jadi pn’badi yang lebih balk,” ungkapnya.

Permukiman Open Camp Pemasyarakatan Ciangir adalah terobosan progresif untuk mendapat solusi pembinaan pelanggar hukum yang holistik, integral, dan komprehensif. Sebuah metode untuk mendorong produktititas narapidana melalui kegiatan industri yang sesuai untuk keperluan tenaga kerja tangguh dan siap berkompetisi serta sebagi wahana dlhasilkannya produk produk yang mampu bersaing dalam pasar domestik maupun manca negara. (hrt)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/betawipo/public_html/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

LEAVE A REPLY