Kue geplak,makanan khas orang betawi yang sulit dicari

31
0
SHARE

Jakarta-betawipost.co id ,Kue geplak betawi adalah salah satu makanan khas betawi yang mungkin telah jarang sekali ditemukan di tempat penjualan, “kue khas betawi yang ada dijakarta. kue geplek betawi ini mempunyai rasa yang sangat manis, lezat, serta bertekstur lembut ini akan menjadi salah satu kue hantaran pengantin pada tradisi pernikahan masyarakat betawi.

Kue geplek betawi ini mempunyai warna putih agak kecoklatan yang terbuat dari beras. beras ini digiling sampai menjadi tepung lalu disangrai. sesudah itu campurkan dengan kelapa parut yang telah disangrai. Adonan ini lalu dicampurkan dengan gula pasir yang telah dicairkan sampai mengental serta selagi panas diaduk sampai adonan menjadi padat. membuat kue geplek ini memang sedikit agak susah apalagi ketika pada kondisi panas harus diaduk-aduk dengan tangan. sesudah diaduk dengan tangan lalu dicetak pada wadah kemudian diratakan dengan tangan sambil dipukul-pukul. itulah kenapa kue tersebut disebut dengan kue geplek.

Kue geplek betawi ini mempunyai ketahanan 3-7 hari. jika diletakan pada lemari yang bersuhu dingin ketahanan kue geplak betawi dapat semakin lama serta akan membuat rasanya semakin renyah. kue geplek betawi ini biasanya dijual dengan harga sekitar 50.000 hingga 100. 000 rupiah tergantung pada ukuran kue. kalau anda penasaran semisal apa kue ini,
RESEP KUE GEPLAK BETAWI
– Siapkan kelapa yang sudah diparut sebanyak 500 gr
– Siapkan tepung beras sebanyak 750 gr
– Siapkan daun pandan sebanyak dua lembar, lalu disobek
– Siapkan tepung beras yang sudah disangrai sebanyak 4 sendok makan, buat taburan
– Siapkan air sebanyak 500 ml
– Siapkan gula pasir sebanyak 800 gr
– Siapkan air jahe pekat sebanyak 25 ml
– Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
– Siapkan vanila bubuk sebanyak 1/2 sendok teh
Cara membuat kue geplak betawi :
1. Kelapa parut disangrai diatas api dengan ukuran kecil, sambil diaduk sampai kelapa kering, serta berwarna kuning agak kecoklatan. lalu angkat kemudian tumbuk selagi panas sampai halus.
2. Tepung beras serta daun pandan disangrai diatas api yang berukuran kecil sambil diaduk sampai daun pandan mengering. kemudian angkat. lalu dinginkan serta saring. dan daun pandan dibuang.
3. Sediakan wadah maupun tampah diameter 24 cm, alasi plastik maupun daun pisang lalu olesi dengan sedikit tepung sangrai. kemudian sisihkan.
4. Untuk sirup gula: Bahan buat sirup gula didihkan diatas api yang berukuran sedang sampai kental. kemudian angkat.
5. Kelapa dan tepung sangrai diaduk-aduk sampai merata. lalu buat lubang di tengah tepung. kemudian tuangkan sirup gula yang masih panas secara bertahap tahap sambil diaduk-aduk sampai merata.
6. Adonan dituangkan pada tampah. lalu ratakan sambil ditekan-tekan sampai menjadi padat. Olesi permukaan-nya dengan tepung yang sudah disangrai. kemudian dinginkan sampai geplak mengeras.
7. Terakhir geplak dikeluarkan dari tampah. lalu dipotong-potong kemudian disajikan.

itulah resep kue geplak betawi yang gurih dan enak, semoga kue ini tidak sukar di cari karena peminat penjual nya sudah mulai langkah, karena se-iring zaman.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/betawipo/public_html/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

LEAVE A REPLY