Pesta Lebaran Budaya Betawi Bertemakan “Ngarak Barong” Sukses Dilaksanakan

56
0
SHARE
Foto Pembukaan Acara Lebaran Betawi di Kecamatan Pondok Melati

betawipost.com Jakarta

Komunitas Orang Bekasi (KOASI) menyelenggarakan acara Lebaran Betawi di daerah kecamatan Pondok Melati di Lapangan Masjid Al-Jauhar Yasfi, Kampung Sawah, Kelurahan Jatimurni, Sabtu pagi(5/8/2017).

Acara Lebaran Betawi ini bertemakan ” Ngarak Barong” Kegiatan dimulai dengan pawai di wilayah Puri gading ,seluruh peserta Lebaran Betawi diantaranya para peserta menggunakan atribut Betawi , Ngarak Barong dan juga para anak-anak sekolah dasar sampai sekolah tingkat atas ikut memeriahkan acara ini diikuti alunan musik Betawi hingga menuju panggung utama di Yayasan Fisabilillah terlihat Ondel ondel menjemput seluh peserta Ngarak barong.

Foto Karnaval Pesta Budaya Betawi

Terlihat para peserta berpakain adat Betawi dengan kawalan jawara, membawa cepu sebagai wadah menampung kue, buah dan penangan ringan dari warga sekitar yang dilalui rombongan Ngarak Barong. Hal ini sebagai tanda rasa syukur masyarakat atas karunia Tuhan karena mengikuti Lebaran tahun ini dengan rasa tenang dan berkecukupan.

Pada gelaran Lebaran Betawi ini selain karnaval budaya Ngarak Barong juga ditampilkan berbagai pentas seni dan budaya. Para penjual dagangan khas Betawi pun ikut memeriahkan acara ini ,masyarakat sangat antusias untuk menghadiri acara ini hingga jam 23.00 malam.

Berbagai stand makanan khas betawi seperti kerak telor, bir pletok, ornamen sepeda onthel, nasi ulam, asinan betawi, uli-tape ketan, rengginang, akar kelapa, kue duit, kembang goyang, dan macam kuliner lainnya mengisi kemeriahan acara Lebaran Betawi. Selain itu juga ada pameran foto jadul dan ngaduk dodol.
Menurut ketua panitia disaat pidatonya mengatakan”kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan melestarikan budaya Betawi menggali budaya budaya kita yang sudah lama yang banyak mengenal terutama generasi muda kita disini kita gali salah satunya Ngarak barong dan budaya lainnya seperti kesenian, kuliner semua ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan betawi,”terang Ketua H . Yusuf

Ketua menambahkan ” acara ini masih banyak kekurangan nya belum maksimal dari segi pendanaannya pun masih berasal dari patungan ,donatur dan juga dari para masyarakat yang peduli dengan kegiatan kebudayaan Betawi dan saya sangat berterimakasih kepada yayasan Fisabilillah yang telah membatu terselenggaranya acara ini dengan baik,” ucap ketua penyelenggara.

Foto saat Berpidato diacara pembukaan Lebaran Betawi di Yayasan Fisabilillah di Wilayah Kecamatan Pondok Melati

Pada kesempatannya disaat pidato Camat Pondok Melati Dra.Ika Indah Yarti,M.SI ,” saya sangat mengapresiasi kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik sehingga bisa terlaksananya kegiatan ini dan saya juga berterimakasih kepada pimpinan Yayasan Fisabilillah yang telah mendukung acara ini memberikan fasilitas untuk kegiatan ini baik dari kegiatan organisasi masyarakat maupun pemerintah dan perlu disampaikan untuk kegiatan MTQ akan dilakukan disini pada tanggal 22 sampai 25 Agustus 2017 untuk itu kami mohon semua yang ada disini undang secara pribadi dari saya kami mohon agar hadir saat kegiatan baik disaat pembukaan MTQ .” Harap Camat Pondok Melati

Beliau juga mengatakan ,” KOASI (Komunitas Orang Bekasi) sangat luar biasa sudah menyelenggarakan kegiatan hal-hal yang sifatnya budaya, kegiatan ini selenggarakan untuk melestarikan budaya kita, banyak kita yang tidak tau banyak juga kita yang terlupa dan hampir punah budaya kita kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada koasi walaupun persiapannya belum matang tapi hasilnya sangat matang, saya berharap acara MTQ nanti bisa seperti ini,”ucap camat pondok melati

Tak lupa hadir pula Anggota DPRD Fraksi Demokrat beliau menambahkan” bahwa aset budaya ini adalah khasanah kekayaan yang tidak akan hilang bila kita semua terlibat. Oleh karena itu, ia bersama Wakil ketua DPRD berjanji akan mengalokasikan anggaran APBD buat penyelenggaraan Lebaran Betawi tahun depan. “Saya sudah berbicara dengan Pak Heri, bahwa tahun depan kegiatan (Lebaran Betawi) ini akan kita anggarkan dalam APBD,” Tutup Sodikin.Anggota DPRD Partai Demokrat.(dd)

 

 

 

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/betawipo/public_html/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

LEAVE A REPLY